Cara Membuat SEO Blog Post

Pada posting kali ini kita akan meneliti bagaimana Google mengoptimalkan posting-posting halaman blog anda pada search engine agar mendapakan traffic dan peringkat. Ada banyak para ahli web yang menawarkan jasa untuk mengoptimalkan blog anda tetapi dengan menggunakan uang yang cukup mahal. Tapi untungnya, ada beberapa trik dan tip yang dapat anda terapkan pada posting halaman blog anda agar mendapatkan traffic tanpa harus menghambur-hamburkan uang.

KEYWORD (Kata Kunci) RESEARCH
Yang pertama kali harus anda lakukan adalah menentukan kata kunci terbaik untuk posting blog anda. Pikirkan kata kunci yang kira-kira akan dicari oleh orang lain agar halaman blog anda dapat ditemukan oleh mereka. Saya sarankan anda untuk menggunakan Google Adwords KeywordTool. Buat kata kunci terpopuler yang digunakan oleh orang lain. Atau silahkan anda browsing on-line mengetikkan beberapa kata kunci orang lain dan coba terapkan keyword anda sendiri. Lakukan ini karena sangat penting selain juga dapat meningkatkan traffic ke posting halaman blog anda.

BLOG POST TITLE TAG
Anda memerlukan sedikit kata-kata yang menarik untuk judul posting halaman blog anda. Buat judul yang atraktif untuk menarik perhatian pengunjung. Tag judul posting merupakan elemen yang sangat penting karena itulah adanya tag judul agar search engine dapat bekerja lebih optimal dan membuat pengunjung ingin menjelajahi blog anda. Namun demikian, tag judul ini tidak boleh lebih dari 65 karakter. Jika tidak, maka tag judul itu akan terpotong pada hasil pencarian. Lihat cara mengoptimalkan permalinkposting blog untuk sedikit memahami.

GAMBAR
Kita tahu bahwa gambar akan membuat pengunjung memperhatikan isi dari halaman blog anda. Dan tentu juga merupakan sebuah keuntungan agar halaman anda SEO. Pada properti gambar anda, biasakan untuk menguploadnya dalam bentuk format .png. tambahkan pula alt text dan title tag gambar tersebut. Kenapa demikian? Sebagian orang kadang mencari artikel menggunakan gambar daripada artikel itu sendiri. Dari gambar tersebut, orang akan menelusuri asal-muasal halaman sumber dari gambar tersebut. Jadi, bila gambar-gambar anda memiliki Alt Tags dan sekaligus kata kunci sesuai dengan judul blog, gambar-gambar tersebut akan muncul pada search engine.

VIDEO
Google tidak memberatkan anda untuk memasukkan video kedalam halaman posting. Justru itu akan menjadikan blog anda menjadi sebuah blog yang benar-benar lengkap. Masukkan video sesuai dengan isi posting anda. Jika anda tidak memilikinya, anda dapat memasukkan video orang lain kedalam halaman blog.

HEADINGS
Tag Headings merupakan bagian dari kode halaman website. Sama halnya seperti gambar, headings akan memudahkan posting blog anda lebih mudah terbaca oleh search engine. Dan ini merupakan satu keuntungan tersendiri. Saat mesin robot search engine tiba pada halaman blog anda, yang pertama kali terbaca adalah tag judul (h1). Kemudian robot akan membaca tag-tag h2, h3 sampai h6 anda.

Perlu anda ketahui bahwa tag h1 merupakan tag yang paling berpengaruh pada sebuah halaman blog. Oleh karena itu banyak website yang lebih menggunakan h1 sebagai heading teratas mereka daripada heading lainnya. Ini disebabkan karena h6 merupakan heading terendah  dan search engine memberi perhatian yang sangat besar pada kata-kata yang ada pada heading. Dengan demikian, jika anda menggunakan h1 sebagai heading utama, maka search engine berharap dapat menemukan topik pembahasan utama blog anda. Bukankah surat kabar atau media informasi lainnya juga melakukan yang sama pada halaman utama mereka? Kesimpulannya, h1 merupakan topik, dianggap oleh search engine sebagai, pembahasan yang sangat penting sementara yang lainnya hanyalah sebuah sub-topik.

Catatan: jangan membuat h1 anda seperti: <h1> blog blog blog mobil sport</h1>. Pengulangan kata yang sama akan membuat halaman anda dianggap spam karena mengandung kata yang berulang.

Internal dan Eksternal Link
Buat link-link saling terhubung dengan posting-posting anda lainnya. Ini akan membuat para pembaca blog anda bertahan lebih lama untuk mempelajari isi halaman blog anda. Eksternal link juga bagus untuk membangun hubungan antar sesama blogger. Setidaknya orang akan berkunjung dan tentunya memberikan komentar atas isi blog anda. Tetapi perlu diketahui juga, terlalu banyak link justru akan dianggap spam.

Meta Description

Meta Description merupakan sebuah atribut html yang memberikan penjelasan mengenai isi blog anda. Meta Description umumnya digunakan pada Search Engine Result Pages (SERPs) untuk menampilkan snippet pada halaman tertentu. Panjang dari Meta description itu sendiri tidak boleh lebih dari 160 karakter. Idealnya 150 – 160 karakter. Perlu diketahui bahwa meta description tidak berpengaruh pada ranking search engine. Tetapi penggunaannya sangat berguna dan penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin klik pengunjung.

6 comments:

  1. tipsnya bagus sob,, sangat bermanfaat bagi ane yg masih newbie,,

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sob udah mau mampir, thanks udah mau bantu, ok deh, ane meluncur...

      Delete
  2. Infonya mantep gan bermanfaat banget, kebetulan saya baru membangun blog nih

    Minta Kunjungannya gan :D
    Mampir yahh Blog Mas Rio

    ReplyDelete
  3. izin mau nambahin ya gan
    dari segi artikelnya mungkin harus yang berkualitas juga:
    1. Merancang Judul yang Menggoda Pembaca
    2. Paragraf Pembuka yang Menarik
    3. Menulis Dengan Gaya Informal

    http://super-responsive.blogspot.com/2014/01/rahasia-menulis-artikel-berkualitas.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane terima KriSarnya Gan,,,makasih,,, nanti ane perbaiki lagi...

      Delete