Cara Mengoptimalkan SEO Permalink Blog


Optimasi permalink judul posting sangat penting untuk para blogger. Optimasi permalink judul posting merupakan kombinasi dari target-target keyword yang menjelaskan isi dari posting anda. Makanya judul posting yang anda buat harus padat, tepat dan mengenai sasaran. Judul link posting yang terlalu panjang akan secara otomatis terpotong dikata-kata terakhir. Ini tentu merugikan anda pada hasil pencarian di Search Engine karena ketidakutuhan judul posting dan tentunya andapun akan kehilangan kesempatan posting anda muncul di Top Rank.

Jadi, buatlah judul posting anda sependek mungkin antara 3-4 kata. Kalaupun terjadi kesalahan, pastikan anda selalu memeriksa link judul posting anda jangan sampai terpotong sebelum posting baru anda di”published.” Bandingkan antara anda menggunakan “Automatic Permalink” dengan “Custom Permalink.” Lihat hasilnya pada address bar. Misalnya, anda akan membuat judul posting (tanpa tanda petik):

 “Cara Membuat Floating Facebook Share Button Pada Template Blog”

Buka permalink dan lihat hasilnya.




Seperti terlihat pada gambar bahwa judul posting anda berhenti hanya sampai pada kata “share” walaupun masih ada sisanya. Coba buat judul posting yang lebih singkat dan padat seperti ini:

“Cara Membuat Floating Share Button”




Perlu diingat bahwa Google dan Yahoo hanya membatasi penggunaan permalink hanya 30 karakter sedangkan Bing sepanjang 36 karakter. Jadi, untuk memenuhi persyaratan tersebut, anda harus lebih bijak merumuskan judul posting atau gunakan Character Counter Tool untuk memeriksa judul posting. Google, misalnya, hanya membatasi penggunaan hanya karakter a-z, A-Z, 0-1 dengan karakter special berupa underscore, dash dan period.

No comments:

Post a Comment