Cara Merubah Style Blog Title


Ada dua cara yang bisa dilakukan oleh blogger untuk merubah tampilan Blog Title atau Judul Blog yang ada pada header blog. Secara default, judul blog asli diberi standar font dengan jenis Tahoma, Helvetica, Free-sans dan Sanserif. Bloggerpun dapat mengedit ukuran berikut warna yang diinginkan. Segala keinginan untuk merubahnya dapat dilakukan dengan mudah. Yang harus anda lakukan adalah mengeditnya sesuai dengan selera anda sendiri.

Bagi para blogger pemula, anda harus masuk ke akun blog terlebih dahulu. Selanjutnya adalah pilih “Template” lalu lanjutkan klik “Costumize”. Dari “Blog Template Designer” ini, pilih “Advanced”. Ada banyak pilihan tampilan yang bisa diedit. Pilih “Blog Title” untuk merubah warna, ukuran dan dan jenisnya. Ada banyak pilihan font yang dijadikan standar agar dapat tampil maksimal pada blogger anda. Namun demikian, jangan memaksakan menggunakan jenis font lain selain yang telah disediakan. Ada banyak pilihan font-font aman lain yang (disarankan oleh google) juga dapat digunakan walaupun berada diluar list jenis font standar. Klik “Apply to Blog” jika telah dirasa cocok.

Sampai sejauh ini, metode ini kadang tidak berhasil (mungkin terjadi) terutama jika anda terlalu sering banyak melakukan perubahan pada template. Tapi blogger jangan khawatir. Masih ada cara kedua, yaitu dengan mengedit kode Html-nya.

Seperti sebelumnya, anda harus masuk ke akun blog lagi. Jika tadi blogger hanya melakukan penyeseuaian dari option “Costumize,” kali ini yang harus anda pilih adalah mengklik option “Edit html” yang ada persis disamping kanan option “costumize” tadi. Sebelum melakukan perubahan, ada baiknya anda mem-backup terlebih dahulu sebelum mengeditnya.

Sekarang anda telah ada di tampilan “Edit html.” Scroll down terus kebawah sampai anda menemukan bagian header seperti ini:


header code








 Silahkan anda edit kembali:
font-family (jenis font), font-size (ukuran font), color (warna font), font-decoration (dekorasi font: italic, atau garis bawah, dst), font-weight (ketebalan font) dan text-shadow (bayangan teks). Untuk mengatur posisinya, anda dapat menggunakan kode: text-align: center/left/right; (pilih salah satu).Dengan demikian kode yang harus anda buat, misalkan, menjadi:

font-family: ‘helvetica’, tahoma, sanserif;
font-size: 26px;
color: #0583C2;
font-weight: bold;

Untuk bagian text-shadow, CSS TEXT SHADOW atau FUN WITH CSS sebagai alternatif membuat blog title anda sedikit berbeda. Kenapa harus menggunakan kode untuk header dan bukan gambar? Sebagian para ahli disain blog menyarankan demikian agar blog loading cepat.

Jika anda puas, please bagikan halaman ini kepada teman-teman anda. Ini adalah salah satu diantara hasil yang dapat dibuat:











 Andapun dapat melakukan trik ini pada BLOGDESCRIPTION, POST DATE HEADER, SIDEBARGADGETS TITLE, dan POST TITLE.

No comments:

Post a Comment