SEO Tips Menghindari Penalti Google

Artikel ini dibuat ketika secara tidak sengaja mengecek status blog menggunakan google webmaster tool. Ternyata banyak url errors  yang harus dibenahi. Terlebih lagi sitemap pun jadi ikut bermasalah. Setelah browsing sana-sini, ini dapat menjadi pemicu penalti dari google. Sejauh penjelajahan sampai saat artikel ini dibuat, memang ada kekaburan penalti yang dapat membuat blog di’banned ’ atau totally dicuekin search engine.

Karena ketidaktahuan penyebabnya ini harus menjadi pertimbangan penting blog tetap survive dalam raksasa search engine. Tetapi mungkin ada baiknya jika ‘menghindari’ perilaku penyebab blog terperangkap penalti Google.

Penyalahgunaan Tag H1
Penggunaan tag h1 memang suatu keuntungan dan memang sangat membantu blog terbaca  sehingga Google dapat memahami isi halaman. Selain itu, tag h1 juga dapat menaikkan page rank. Namun demikian, karena h1 merupakan kunci dari halaman blog anda, gunakanlah hanya satu pada halaman blog karena tag h1 sangat mudah terdeteksi oleh search engine.

Co-Past / Duplicate Content
Jadilah blogger jujur. Melakukan duplikasi isi halaman blog orang lain kedalam blog anda adalah sebuah kesalahan besar karena Google akan menganggap halaman anda tidak bermutu. Jangan lakukan agar tidak merugikan orang lain. Mulailah menulis artikel berdasarkan pemahaman atau eksperimen anda. Atau, periksa keaslian / otentitas isi blog berdasarkan struktur kalimatnya.

Link / Backlink Berbayar
Link atau backlink berbayar dapat dengan mudah ditemukan. Biasanya ini dimanfaatkan untuk meningkatkan PageRank. Namun demikian, jangan jadikan halaman blog anda sebagai ladang link / backlink karena tidak semua berhubungan dengan isi / theme blog anda. Perbuatan ini melanggar ketentuan dari webmaster tool karena dianggap sebagai usaha untuk memanipulasi PageRank.

Error 404
Kode error ini menyatakan bahwa halaman yang dicari oleh orang lain tidak berada dalam index-list Google. Penyebabnya adalah mungkin halaman tersebut belum terindeks atau anda telah mengganti judul halaman dengan yang baru dan yang muncul adalah judul lama. Kalaupun terjadi, perbaiki permalink atau gunakan redirect tool. Alternatif lain adalah memperbaikinya menggunakan webmaster tool dan nyatakan dengan fetch as google. Jika tidak segera diperbaiki, Google akan menganggap anda tidak perduli dengan blog anda.

Bahasa
Penggunaan bahasa memegang peranan penting untuk menjaring pengunjung. Perbedaan bahasa menjadi kendala pengunjung untuk memahami isi halaman. Buatlah link-link ke blog atau web yang menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa tulisan anda.

Penyalahgunaan Kata Kunci (Keyword)
Penggunaan keyword meta tag pada blog cukup penting. Namun ada beberapa aturan yang harus dipatuhi untuk membuat keyword meta tag lebih efektif. Hindari penggunaan kata kunci  sama pada meta tag atau akan dianggap memanipulasi SEO dan SERPs. Contoh salah:
“Kami adalah perusahaan  pelayanan servis komputer. Pelayanan servis komputer kami dijamin memuaskan dan tidak mengecewakan anda. Jika anda ingin mendapatkan pelayanan servis komputer kami, maka jadikanlah pelayanan servis komputer kami nomor satu. Hubungi operator pelayanan servis komputer kami di pelayananserviskmputer@blablabla.com.”

Sitemap Up Date
Selalu periksa sitemap blog anda secara berkala. Hindari duplikasi peta situs. Sitemap akan diberi peringatan tanda seru dalam segitiga jika terjadi kesalahan. Ini menyebabkan lama terdeteksi oleh Google. Itulah alasan perlunya sitemap test yang disediakan oleh Google agar isi blog menjadi organik.

Low Speed Load
Hati-hati dengan kejadian ini. Jika blog anda merespon terlalu lama dan sering, mungkin saja anda akan mendapat penalti karena yang anda kecewakan bukan hanya pengunjung tetapi juga webmaster tool dan search engine. Jika ini terjadi, Google cenderung mengindeks-ulang halaman-halaman anda daripada memberikan ‘jalan-buntu’ atau 404. Banyak hal yang menjadi pemicu, diantaranya adalah gambar, video, penggunaan javascript dan lainnya dihampir seluruh bagian blog. Mulailah dengan mengoptimalkan gambar pada blog anda.

Internal Link
Adalah sah jika anda menggunakan link-link pada halaman blog hanya jika dengan tujuan membuat pengunjung dapat berlama-lama menelusuri setiap halaman yang disajikan. Namun demikian, periksa apakah link-link itu hidup atau mati. Terlalu banyak link-link yang tertanam (terutama yang mati) pada blog menimbulkan kesulitan untuk dicrawl oleh Google dan mengusir pengunjung.

Eksternal Link
Saat membuat link rujukan pada blog atau web lain, buatlah senatural mungkin. Selain untuk meningkatkan SERPs, dapat pula meningkatkan PageRank. Perlu diketahui bahwa jangan pernah menanamkan link-link pada situs-situs yang tidak anda kenal dan membahayakan blog. Situs-situs porno, hacking dan yang berpotensi bahaya lainnya merupakan hal yang harus diingat.

Overload Iklan
Jika anda memutuskan untuk memasang iklan pada blog, pastikan iklan tersebut tidak memenuhi ruang blog anda atau, penalti. Memasang iklan pada blog memang diperbolehkan oleh Google selama itu menjadi prioritas kedua setelah artikel yang anda tulis. Google sendiri menyatakan bahwa memasang iklan terlalu banyak dapat menyebabkan penalti.

Komentar Spam
Jangan biarkan komentar-komentar spam mendekam lama pada Comment-box anda. Ingat bahwa anda memiliki pembaca dengan karakter berbeda-beda karena isi halaman anda mungkin menimbulkan pro (good) dan kontra (bad/spam). Ada pembaca yang langsung membaca dan ada pula yang melihat komentar-komentarnya terlebih dahulu sebagai rujukan apakah blog ini layak diikuti atau tidak. Segera hapus komentar spam tersebut atau matikan box-comment secara permanen.

Robots.txt Error
Seberapapun hebatnya tulisan anda, seberapapun bagusnya tampilan blog anda, anda perlu robots.txt. Pelajari dengan benar penggunaan robots.txt. File robots ini berfungsi untuk memberitahu search engine bagaimana menangani blog anda.

Black Hat
Jangan percaya pada siapapun, web atau blog manapun yang menyatakan bahwa mereka mempunyai short-cut atau tehnik hebat untuk menempatkan blog anda muncul di Top 10 SERPs dengan cepat. Satu-satunya cara agar anda muncul tanpa hack pada SERPs adalah melalui kerja-keras.

No comments:

Post a Comment