Cara Meningkatkan Pagerank Blog

Page Rank (Peringkat Halaman Blog) merupakan salah satu kunci yang digunakan oleh Google untuk memperhitungkan tingkat kualitas halaman blog dimata search engine. Semua blogger pasti menginginkan dan mencari bagaiamana mendapatkan page rank. Namun banyak blogger tidak mengetahui dengan pasti bagaimana Google meningkatkan page rank karena Google sendiri sangat merahasiakan informasi-informasi tersebut. Hanya saja, secara umum, Google akan memeriksa semua halaman blog secara berkala. Google selalu mengup-date page rank blog setiap minimal 3 atau 4 bulan sekali. Dan meningkatkan Page Rank bukanlah pekerjaan mudah yang dapat dilakukan hanya dalam waktu sehari, tapi memerlukan proses panjang. Dan jika berhasil, ada beberapa keuntungan yang dapat diraih, diantaranya:
1. Nilai blog anda akan menjadi sangat mahal / berharga,
2. Pengunjung akan berbetah-diri menelusuri setiap halaman karena blog anda dapat dipercaya isinya,
3. Mendapatkan kemudahan menjadi advertiser, entah dari Adsense, BuySellAds, Text Link Ads dan seterusnya,
4. Banyak advertiser yang ingin memasang iklan di blog anda,
5. Kepuasan pribadi.

Karena page rank merupakan hal yang sangat krusial untuk blogger, ada beberapa tips yang biasa digunakan oleh para webmaster untuk mendapatkan page rank 1-10. Jadi, berikut ini adalah tip-tip dari yang termudah.
1.    Internal Post.
Internal post yaitu link-link yang terhubung ke setiap halaman blog anda. Internal post diyakini dapat meningkatkan page rank. Oleh karena itu, munculkan Arsip Blog, Popular Post dan Artikel Terkait pada blog. Namun jangan membuat seluruh link hanya ke halaman-halaman anda. Buat eksternal linking untuk lebih meningkatkannya lagi.
2.    Link Exchange.
Link exchange adalah saling bertukar halaman dengan blog-blog lain baik amatir ataupun profesional. Oleh karena itu, bersikap ramahlah terhadap blog lain agar mereka mau mampir ke blog anda.
3.    Guest Post.
Guest post lebih mirip Buku Tamu, yakni blog lain dapat membuat / memasukkan posting mereka kedalam blog anda. Menulis pada blog orang lain, dan tentunya berkualitas, merupakan salah satu hal yang disukai oleh Google.
4.    Blog Commenting.
Blog commenting adalah kegiatan berkomentar pada blog lain. Jangan ragu untuk berkomentar atau menanyakan sesuatu. Ini merupakan keuntungan kedua-belah pihak dan salah satu cara membuat backlink.
5.    Halaman Berkualitas dan Unik.
Ini merupakan salah satu yang tersulit: membuat tulisan yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Kenapa harus membuatnya? Karena blog lain pasti ingin menjadikan halaman anda sebagai rujukan referensi bacaan kepada blog lain.
6.    Social Media Bookmarking.
Semua orang pasti memiliki akun di facebook atau twitter. Mulailah menjadi misionaris halaman-halaman blog anda dan sebarkan. Atau sebagai tambahan, anda dapat berbagi halaman anda di Google Plus, Squidoo, Digg, Delicious, Stumble Upon, Hub Pages, dan lain-lain.
7.    Forum Diskusi.
Bergabunglah dengan forum-forum diskusi dan anda akan mendapatkan backlink dan memperoleh tambahan page rank.
8.    Tehnik SEO.
Search engine optimization merupakan salah satu hal yang sangat teramat penting di dunia blogging. Tehnik SEO ini dapat anda terapkan pada judul post, tags, kata kunci, dan deskripsi blog selama tehnik tersebut tidak berlebihan atau akan dianggap spam.
9.    Trik Illegal.
Jangan pernah melakukan trik-trik seperti keyword stuffing, hidden links, buying links dan lain-lain.

Semoga tulisan ini bermanfaat jika anda melakukan tip-tip seo dengan benar. Jika tidak, anda akan mendapat penalti dari Google.

No comments:

Post a Comment