Cara Membuat Border Header Blog


Tutotial kali ini akan membahas bagaimana cara membuat border dan menambahkan warna background pada blog. Jika anda menggunakan sebuah template blog yang tidak memiliki border, halaman ini akan memberi anda tutorial bagaimana cara melakukannya. Anda dapat membuatnya pada header, post body, sidebar, gambar (images) pada body posting dan lain-lain.

Seperti biasa, download terlebih dahulu sebelum melakukan pengeditan sampai ketemu yang sesuai dengan keinginan anda. Untuk menambahkan border pada header anda:

1.     Tentukan jenis border yang anda inginkan.
2.     Tentukan juga warna, dan ukurannya.
3.     Ketikkan kode border ditempat yang dimaksud (header).
4.     Preview kemudian Save.

Yang akan anda lakukan adalah:
>> Masuk ke blogger dashboard.
>> Template.
>> Edit Html.
>> Temukan kode : .header-outer.
Selanjutnya adalah masukkan kode css border yang anda inginkan. Sebagai bayangan, 8 trik dasar border blog dapat membantu anda menemukan border yang cocok. Misalkan kode yang akan dimasukkan seperti berikut:

.header-outer {
background: #00FFFF;
border: 2px solid #FFFFFF;
}

Ini yang akan ditampilkan:


header border



Pada ilustrasi menggunakan warna biru aqua dengan border solid putih dikeempat sisinya dengan size 2px. Anda dapat memodifikasinya kembali sesuai dengan kebutuhan tampilan anda. Berikut adalah ilustrasi lain yang saya buat beserta kode cssnya.


header border multiple








border multiple code






Trik yang saya guna adalah menambahkan metode outline dan box-shadow walaupun ada metode lain, yaitu pseudo-element. Cara menerapkannya pada header blog anda adalah memasukkanya pada .header-outer seperti ilustrasi berikut. Anda dapat mengganti ukuran border, jenis, dan warnanya.







blog header border




Jika header anda berhimpitan dengan menu bar, tambahkan saja kode margin-top: valuepx pada .tabs-inner.

No comments:

Post a Comment