Cara Menggunakan Redirect Tool

Halaman-halaman yang anda buat pasti bertambah atau berkurang. Atau barangkali harus di re-publish atau di up date karena ada sedikit yang ingin ditambahkan atau dikurangi. Atau ada pula yang mengganti judul posting karena tidak cukup berkompetisi dengan blog lain. Ini merupakan salah satu kejadian ketika tanpa disengaja anda menerbitkan judul baru tanpa memperhatikan judul baru yang telah terlanjur diterbitkan dengan judul berbeda. Antisipasinya adalah mengeditnya menggunakan permalink, namun tidak sampai disitu. Judul lama anda telah terlanjur terindex oleh Google sedangkan judul baru masih menunggu dicrawl. Akibatnya, saat pengunjung mengunjungi salah satu halaman terbaik anda, mereka justru akan mendapatkan error 404 (halaman tidak ditemukan). Redirect tool merupakan tool yang harus digunakan untuk mengatasi page not found ini.

Redirect adalah kejadian saat pengunjung tiba di satu halaman favorit anda namun dialihkan ke halaman baru. Dan untungnya blogger interface baru telah menyediakan fasilitas ini pada template bawaannya. Dan anda tidak akan kehilangan pembaca potensial anda.  Ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan.

#Buat Halaman Redirect
Ini merupakan salah satu metode jika anda tidak memiliki halaman yang akan diredirect. Jadi, pengunjung akan diredirect ke halaman baru atau dapat diredirect ke halaman yang sudah ada, misalkan contact me, about the author dan lain-lain.

#Gunakan Custom Redirect Tool
Dengan menggunakan Custom Redirect ini pengunjung akan dialihkan dari halaman lama anda ke halaman baru. Langkah-langkahnya adalah:
#1 Masuk ke Blogger Dashboard >> Setting >> Search preferences.
#2 Masuk ke Error & Redirects >> Custom Redirects.

redirect

Pada field From, isikan halaman lama anda dan pada field To, isikan halaman baru anda. Beri tanda centang pada field From dan opsi Permanent: Yes jika anda ingin secara permanen mengalihkan halaman lama ke halaman baru tersebut.
#3 Save changes.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi cara memperbaiki redirect tool.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan Custom Page Not Found. Tool ini ada tepat diatas Custom Redirects. Ketikkan kode berikut pada box isian:

Maaf, halaman yang anda cari tidak dapat ditemukan. Anda akan dialihkan ke Contact Me.
<script type=”text/javascript”>
//Blogger 404 Redirect v1.0
JN_redirect=setTimeout (function() {
location.isi url lama=”url contact me
}

No comments:

Post a Comment