TIPS-TIPS LOADING BLOG DENGAN CEPAT


Mau blog loading lebih cepat? Kalau YA, ada beberapa aturan yang harus diikuti agar blog loading lebih cepat. Mereka mungkin para pakar editor blog yang tak ada bandingannya, tapi dia pasti akan kecewa jika pada akhirnya tak ada pengunjung yang singgah ke blognya. Semua orang mungkin memiliki imajinasi hebat akan membuat sebuah layout blog yang sangat luarbiasa bagus tampilannya tapi hanya sedikit orang yang melihat. Jangankan sampai tuntas membuka-utuh halaman blog, baru melihat judulnya kalau terlalu lama membuka isinya pasti akan ditutup. Kenapa? Karena terlalu lama orang lain menunggu waktu sebuah blog tampil seutuhnya.

Saat mulai mendisain sebuah blog layout, pikirkan, seberapa lama kira-kira waktu yang diperlukan layout untuk melakukan loading. If it takes too long means see you when your pages load faster. Berikut adalah tips-tips untuk membuat sebuah layout yang hebat dan loading lebih cepat.

1.     Rancang Site Dengan HTML.

Serapi mungkin, buat rancangan hanya dengan menggunakan kode-kode HTML. Untuk lebih keren tampilannya, tambahkan kode-kode CSS untuk stylingnya. Dan sebagai tambahan supaya lebih cepat, biasakan menggunakan font-font aman untuk teks blognya. Hindari penggunaan font-font yang tidak disarankan oleh Google.

2.     CSS? Kenapa tidak?

Ada banyak site-site yang dengan sukarela membagikan trik-trik CSS kepada para pengunjungnya. Dan merekapun akan lebih senang lagi jika site mereka di”follow.” Mereka akan lebih kreatif lagi membuat inovasi-inovasi baru hanya untuk memuaskan keinginan membernya. Dan itu satu keuntungan, bukan? Atau, silahkan kirimi mereka pesan. Jika mereka tidak membalas pesan, biasanya, mereka akan membalasnya dengan sebuah postingan baru dan itu khusus untuk Anda. Jika tidak ada juga, mungkin mereka sudah membuatnya dan anda hanya tinggal mencarinya di site mereka. Sudah terbukti!

Intinya, have fun dengan CSS. CSS dapat digunakan hampir diseluruh layout, mulai dari background, teks, rollover, tabel dan lain-lain. Ingat, CSS hanyalah kumpulan kode-kode. Makanya loadingnya pasti cepat.

3.     Manfaatkan Tabel.

Tabel dapat digunakan sebagai homepage, menu, sidebar, footer dan sebagainya. Manfaatkan fungsi tabel untuk membuat display blog lebih menarik dan cepat karena hanya terdiri dari kode-kode HTML.

4.     Animasi.

Animasi merupakan satu hal yang banyak dijumpai disuatu halaman web. Jangan membuat atau memasang animasi terlalu banyak pada setiap halaman web. Apalagi jika animasi itu berupa gifs. Silahkan saja menggunakannya selama itu tidak menghambat proses loading. Kenapa? Animasi gifs memerlukan waktu yang cukup lama untuk loading. Kenapa tidak menggunakan fasilitas CSS yang juga menyediakan properti-properti untuk membuat animasi. Bukankah itu kode juga?

5.     Flash.

Jika ingin menggunakan Flash pada blog, pastikan flash itu dapat meloading cepat. Memang bagus, tapi jika akhirnya menggangu kenyamanan pengunjung, BYE.

6.     Ikon.

Ikon memang sebuah gambar. Biasanya ikon ini dipakai hanya untuk memberikan kesan halaman lebih berwarna. Tapi buatlah ikon tersebut seminimal dan sekreatif mungkin untuk menarik perhatian pengunjung. Buat tau gunakan ikon-ikon sekecil mungkin sekedar untuk menandakan sesuatu pada halaman blog.

7.     Gambar.

Gambar adalah satu hal yang membuat para pengunjung singgah. Tapi jangan membuat seluruh elemen web hanya terdiri dari gambar. Kalaupun terpaksa menggunakan gambar, biasanya format yang dipakai adalah JP'EG atau Gif. Dan pastikan gambar-gambar itu “save for web device.” Atau silahkan kunjungi tool Gif Wizard sekedar memastikan optimasi gambar. Kenapa? Karena ternyata jumlah warna dan ukuran gambar berpengaruh pada proses loading.

8.     Periksa Waktu Loading.

Terakhir. Coba periksa kembali seberapa cepat site untuk loading menggunakan NetMechanic. Site ini akan memberikan laporan analisi akurat untuk menghitung seberapa lama loading site anda.



No comments:

Post a Comment